Raja Gerobak

Raja Gerobak
gerobak

Jumat, 15 Oktober 2010

Pengusaha Terpal NEKAD atau BERKAT ---Bagian 1 / 2

Sabtu ini (10 oct 2010), berbekal semangat untuk memulai kembali usaha Tahu Bulat
yg sempat istirahat karena libur lebaran. Membenahi semua eguipment yg belum sempurna.


salah satu equipment yg belum sempat di penuhi adalah Terpal untuk cover gerobak saat jam jualan sudah habis.







Siang itu, selepas Adzan Dzuhur bertepatan dengan posisi saya di salah satu toko Terpal di putaran
Perumahan permata Legenda. Dekat POM Bensin dan Rumah Sakit swasta di Legenda.
Toko Terpal dijaga oleh seorang Ibu Muda aseli Madura, dengan 2 anaknya, 14bulan-an dan 3 tahun-an. Sementara sang Suami
sedang nyenyaknya Tidur siang.

Transaksi pun dimulai.. kebutuhan saya Terpal 2.5 x 4 meter.
Bermodal Kalkulator dan matematika kemampuan penjumlahan tok. Si Ibu menghitung jumlah dan harga Terpal yg harus saya bayar.
Deal dengan harga 100rb, plus Gratis jahit dan nambah Lubang-hook.
saya bilang "Tolong, Ibu nanti lubangnya di jahit di ukuran 50, 100, 170, 250, 300, 350 cm dari panjang 400cm/4meter".


si Ibu geleng.. "ndak bisa mas!! masa gitu, mana cukup. khan terpalnya 400cm. masa'... ini aja ada 300 ama 350 jadi brapa mas, ndak mungkin itu"
"Bisa ibu", jawab saya.. "ini kaya penggaris itu loh.. ukuran 50 kasih lubang, 100 kasih lubang.. dst. OK."
"OK.." jawab si Ibu, Tapi...kemudian "ini ndak bisa mas... ndak masuk akal, sampean gimana sih..!!"





Sejenak saya diam, sambil berpikir..
ini saya yg Bodo.. apa saya yg ndak lulus SD.. he.. he...
Wah, mungkin si Ibu tau nya cuma di jumlahin aja ya, mo dikasih omong penggaris juga ndak mudeng.
"ya udah Gini Bu, ukurannya saya Ganti..

"Lubangnya di 50 trus 50 lagi, kemudian 70, 80, 50, terakhir 50. Bisa ndak..??"
Mendadak si Ibu mengiyakan.. "Lah.. yg ini baru bener mas, yg pertama itu kata mas.. SALAH,...
dengan kalkulatornya..."50+70+80+50+50  kalo gini bisa mas, cukup kalo 4 meter"

Langsung dikerjain..
ditunggu saja mas.. ini cepet kok..

insight:
1. Dengan Modal NEKAD, si ibu berhasil membuat saya jadi pembelinya..
2. Dengan pengetahuan matematika sebatas kalkulator, saya sudah membeli dan menyepakatinya..
3. Dengan Modal pengetahuan minim, Ngeyel... asal ngeyelnya tekun... dapat juga..

So...
Bagaimana dengan Kita yg lebih banyak makan sekolahan... ???
masihkah kita ragu untuk memulai usaha kita... ?? :D

Usaha tanpa Doa itu Sombong, Doa tanpa Usaha = Omong Kosong

4 komentar: